Monday, June 25, 2018
Home > Berita Unik > 6 Makanan Khas Aceh Yang Bikin Anda Ketagihan !

6 Makanan Khas Aceh Yang Bikin Anda Ketagihan !

Makanan Aceh adalah salah satu makanan Indonesia yang terkenal enak dan memiliki cita rasa yang khas. Bumbu-bumbu yang digunakan sangat beragam dan rempahnya begitu kuat, sehingga membuat orang yang menikmatinya ketagihan dan tidak pernah lupa dengan citarasa dari makanan khas Aceh ini.
Saking terkenalnya makanan khas dari Aceh ini membuat kita dapat menemukan rumah makan yang menjual makanan khas Aceh di berbagai kota besar di Indonesia. Berikut merupakan kuliner khas Aceh yang wajib Anda ketahui dan wajib Anda masukkan ke dalam daftar makanan yang harus Anda coba.

1. Gulai Kambing
Ciri khas yang paling menonjol dari kuliner di Pulau Sumatera adalah bumbu rempah yang dipadukan dengan kuah santan. Sama halnya dengan gulai kambing pada umumnya, gulai kambing yang berasal dari Aceh memiliki cita rasa bumbu yang dapat memanjakan lidah semua orang yang menyantapnya.
Gulai kambing Aceh mempunyai kuah yang kental. Rasa kuahnya yang tajam membuat repah-rempah Aceh yang dicampur dengan umbu cabe rawit tumbuk dan jeruk nipis kian terasa. Gulai kambing Aceh ini berisi daging kambing cincang yang telah direbus hingga menjadi halus.

2. Sate Matang
Jika Anda sedang berkunjung ke daerah Aceh, Anda akan menemukan menu kuliner ini dengan mudah. Sate matang adalah hidangan yang sangat popular di Aceh dan hamper di setiap sudut kota Anda akan menemukan para penjual sate matang.
Sate ini diberi nama sate matang karena berasal dari daerah Matang di Kabupaten Bireuen Aceh. Sate matang ini tidak seperti sate pada umumnya yang biasanya dibakar kemudian diberi bumbu kecap dan saus kacang. Sate matang ini disajikan dengan cara disiram dengan kuah soto yang lezat.

3. Ayam Tangkap
Ayam tangkap merupakan hidangan khas yang sangat spesial yang berasal dari daerah Aceh Besar. Seperti namanya, ayam tangkap adalah hidangan yang berbahan dasar ayam yang telah dipotong kemudian dimasak dengan daun pandan, daun kari atau daun temuru dan cabe hijau.
Jenis ayam yang digunakan untuk membuat ayam tangkap adalah ayam kampung. Rasanya yang begitu gurih dan aroma yang dihasilkan dari daun temuru, daun pandan dan cabe hijau sangat menggiurkan.

4. Bu Sie Itek
Jika Anda salah satu pecinta makanan yang berbahan dasar bebek, maka Anda wajib mencoba menu khas yang berasal dari Aceh ini. Bu Sie Itek ini jika diterjemahkan berarti nasi gulai bebek dan sudah pasti bahan utama yang digunakan adalah daging bebek atau itik. Kuah karinya sangat gurih dan bumbunya kaya akan rempah-rempah khas Aceh.
Bu Sie Itek ini memiliki dua varian, yaitu Bu Sie Itek Puteh dan Bu Sie Itek Meurah. Jika masak Puteh kuahnya berwarna putih dan sekilas terlihat seperti opor ayam dan tidak pedas. Sedangkan Bu Sie Itek Muerah kuahnya berwarna merah karena dimasak dengan bumbu cabe merah sehingga resanya cukup pedas.

5. Nasi Gurih
Kurang lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Aceh tetapi tidak mencicipi salah satu makanan khas Aceh yang bernama Nasi Gurih. Makanan ini dinamakan nasi gurih karena rasa nasinya yang gurih dan rasanya tidak berbeda jauh dengan nasi uduk.
Nasi gurih dimasak dengan menggunakan perpaduan antara rempah-rempah Aceh yang khas dan air santan kelapa untuk menciptakan citarasa yang lezat. Rasanya begitu gurih dan aromanya yang wangi membuat nasi gurih tetap enak meski disantap tanpa lauk apapun. Namun akan lebih enak lagi jika disantap bersama lauk seperti ikan goreng, telur dadar, sayur, ikan ladi dan sambal.

6. Mie Aceh
Mie Aceh adalah menu yang paling popular dari Aceh. Mie Aceh bahkan sudah terkenal sampai ke mancanegara. Mie Aceh ini memang mempunyai ciri khas dan cita rasa yang unik dan enak. Hal ini dikarenakan bumbu yang digunakan untuk membuat Mie Aceh ini kaya akan rempah-rempah yang mempunyai rasa enak di lidah.
Mie Aceh tersedia dalam dua jenis, yakni dapat disajikan dengan kuah maupun tanpa kuah atau digoreng. Meski berbahan dasar mie, namun menu ini dapat mengenyangkan. Mienya yang bertekstur tebal dan bumbunya yang cenderung terasa seperti kari yang gurih dan pedas.

Itulah beberapa masakan Indonesia yang berasal dari Aceh yang popular dan sayang untuk dilewatkan. Semoga dapat membantu Anda saat berkunjung ke daerah Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *