Monday, June 25, 2018
Home > Berita Unik > 7 Kuliner Khas Makassar yang Enak dan Menggugah Selera

7 Kuliner Khas Makassar yang Enak dan Menggugah Selera

Makassar

Untuk mencicipi makanan khas Makassar, Anda memang tidak harus berkunjung ke Makassar terlebih dulu. Hal ini karena kuliner Makassar merupakan salah satu kuliner Indonesia yang cukup terkenal sehingga beberapa daerah di luar Makassar pun terdapat tempat makan khas Makassar, termasuk di pulau Jawa. Tapi akan lebih nikmat menikmati makanan khas di daerahnya langsung bukan? Untuk itu saat Anda berkunjung ke Makassar, ada sejumlah makanan khas yang wajib Anda cicipi di sana.

1. Coto Makassar
Makanan ini akan terdengar tidak asing bagi warna atau turis yang berkunjung ke Makassar. Coto yang berbahan dasar daging sapi dengan berbagai racikan rempah ini tak pernah gagal membuat lidah penikmatnya bergoyang. Coto ini bisa disajikan dengan ketupat atau pun nasi.

2. Mie Titi
Mie berbentuk keriting ini menyuguhkan sensasi yang berbeda dengan mie pada umumnya. Mie yang satu ini bertekstur padat dan garing dan berkuah kental. Kuah kentalnya berasal dari campuran tepung kanji, telur, kaldu ayam dan berbagai bumbu rempat lainnya. Tak lupa irisan daging ayam, cumi, udang serta irisan jeruk nipis sebagai pelengkap.

3. Sop Konro
Sop konro terbuat dari kluwak, ketumbar, lengkuas dan kapulaga sehingga wajar saja bila tampilan kuah dari kuliner yang satu ini hitam dan terliat seperti rawon. Daging dan iga sapi berbalut lemak menjadi dasar dari penamaan ‘konro’ yang berarti iga. Sebagai pelengkap, sop yang satu ini lebih nikmat disajikan dengan ketupat. Seiring dengan berkembangnya zaman, sop konro pun mengalami perkembangan. Kini ada variasi lain dari sop konro yaitu konro bakar.

4. Pallubasa
Pallubasa merupakan kuah kental yang dihasilkan dari kelapa parut sangria, sehingga rasanya sangat gurih dan lezat. Biasanya pallubasa disajikan selagi hangat dan ditemani dengan nasi putih hangat. Telur ayam kampung mentah bisa jadi pelengkap pas yang menambah rasa menjadi lebih nikmat.

5. Jalangkote
Jika dilihat dari tampilan, teksturnya tidak jauh beda dengan pastel. Hanya perbedaannya, kulit jalangkote lebih tipis. Bahan dasarnya terbuat dari tepung terigu dan mentega yang diisi dengan berbagai campuran bahan, seperti kentang, wortel, telur, tauge, mie atau bihun. Ada perbedaan yang mencolok antara jalangkote dan pastel yaitu cara memakannya. Biasanya jalangkote disantap dengan sambal cair yang terbuat dari campuran cabai merah, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, gula pasir, cuka dan garam.

6. Pisang Epe
Pisang Epe bisa diartikan sebagai pisang yang dijepit antara dua bilah kayu. Nama tersebut didapat dari cara pengolahan pisangnya yang memang dijepit diantara dua kayu. Pisang yang digunakan berjenis pisang kapok. Sebelum dijepit, pisang terlebih dulu dipipihkan kemudian dijepit lalu dipanggang di atas bara api. Setelah matang, pisang akan disiram saus gula dan taburan kelapa parut. Pisang Epe pun memiliki berbagai varian yang bisa dipilih sesuai selera.

7. s Pisang Ijo
Jajanan khas Makassar yang satu ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Warna hijau ini dihasilkan dari perasan daun pandan yang kemudian dibentuk serupa dengan pisang utuh. Es pisang ijo ini disajikan dengan berbagai bahan pelengkap, seperti bubur sumsum, saus santan, susu kental manis, sirup merah dan es serut. Pisang yang digunakan biasanya pisang raja sehingga bentuk pisang cukup besar.

Itulah sejumlah kuliner dari Makassar yang wajib Anda cicipi. Mungkin beberapa bisa Anda temui di daerah Anda sehingga Anda tak perlu berkunjung ke Makassar. Tapi tidak ada salahnya saat Anda berlibur ke Makassar, Anda coba kuliner tersebut di tempat asalnya. Dijamin akan lebih nikmat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *