Monday, June 25, 2018
Home > Berita Unik > 8 Kuliner Khas Jogja yang Tidak Boleh Dilewatkan

8 Kuliner Khas Jogja yang Tidak Boleh Dilewatkan

Jogja

Wisata kuliner selalu menjadi bagian yang paling penting ketika melakukan perjalanan. Masing-masing daerah memiliki kuliner khas yang tidak dapat kita dapatkan di daerah lain. Walaupun kadang dapat ditemukan di daerah lain atau bahkan di luar negeri, makanan atau minuman kuliner khas di daerah asalnya selalu mempunyai cita rasa tersendiri. Nasi Padang saja lebih terasa lebih nikmat ketika dimakan di Kota Padang, dari pada dimakan di Kota Jogja. Jika Anda melakukan perjalanan ke Jogja, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Jogja. Selain wisata budaya dan alam, Jogja juga sangat terkenal dengan wisata kulinernya. Jadi, apa saja yang harus Anda cicipi ketika berada di Jogja ?

1. Gudeg
Makanan yang berbahan dasar nangka muda ini adalah makanan khas Jogja. Rasa asli gudeg sebenarnya manis, hal ini yang kadang tidak cocok di lidah orang luar Jawa. Namun cita rasa manisnya gudeg lebih nikmat jika dimakan dengan nasi pulen, tahu, atau tempe bacem, dan sambal goreng krecek. Ada dua macam jenis gudeg, yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Perbedaannya terletak pada kekentalan santan gudeg, santan gudeg kering lebih kental dari pada santan gudeg basah. Beberapa rekomendasi gudeg Jogja yang terkenal yaitu Gudeg Tugu, Sego Gudeg Nggeneng Mbah Marto, Gudeg Pawon, Gudeg Permata, dan Gudeg Yu Djum. Harga gudeg tersebut berkisar antara Rp7.000,- hingga Rp25.000,-.

2. Bakmi Jawa Goreng
Pada dasarnya, bakmi adalah makanan dengan sajian mie. Bakmi disajikan dengan campuran ayam atau daging dan sayur-mayur seperti kol. Bakmi dapat dimakan dengan kuah atau tanpa kuah alias bakmi goreng. Pada jaman dahulu, bakmi dibawa oleh para pedagang Tiongkok ke Indonesia, kemudian bakmi beradaptasi dengan rempah-rempah yang ada Indonesia. Beberapa rekomendasi Bakmi Jawa yang terkenal adalah Bakmi Pele, Bakmi Mbah Gito, Bakmi Jombor, Bakmi Kadin, dan Bakmi Mbah Mo. Harga bakmi berkisar sekitar Rp15.000,- an.

3. Sate Klathak
Sate Klathak adalah sate kambing yang dibumbui garam saja dan dibakar dengan menggunakan jeruji besi sepeda di atas bara arang. Tusukan jeruji besi sepeda ini yang membuat sate klathak menjadi sate yang unik dan khas di daerah Jogja. Jeruji besi berfungsi untuk menghantarkan panas agar daging yang dibakar matang dengan merata. Sate klathak dimakan dengan sajian kuah gule. Bagi Anda pecinta masakan berbahan daging kambing, Anda tidak boleh melewatkan kuliner unik yang satu ini. Beberapa rekomendasi sate klathak di Jogja yang terkenal yaitu Sate Klathak Pak JeDe, Sate Klathak Pasar Jejeran, dan Sate Klathak Pak Pong. Harga sate klathak berkisar antara Rp12.000,- hingga Rp30.000,-

4. Oseng-oseng Mercon
Oseng-oseng mercon adalah makanan yang berbahan dasar daging sapi, kikil dan cabe rawit yang sangat banyak. Nama mercon berasal dari pedasnya cabe rawit ketika dikunyah dan ekspresi wajah setelah memakan oseng-oseng tersebut, rasanya seperti mercon yang meledak di dalam mulut. Beberapa rekomendasi Oseng-oseng mercon yang terkenal di Jogja adalah Oseng-oseng Mercon Bu Narti dan oseng-oseng mercon yang berada di Jl, K.H. Ahmad Dahlan. Harga oseng-oseng mercon berkisar antara Rp10.000,- hingga Rp15.000,-.

5. Soto
Soto adalah makanan sejenis sop yang kuahnya berasal dari kaldu daging dan dimakan dengan campuran daging, nasi, serta sayuran. Soto adalah salah satu menu sarapan terfavorit bagi masyarakat Jogja. Beberapa rekomendasi soto di Jogja yaitu Soto Pak Marto, Soto Bathok Kelapa, Soto Kadipiro, Soto Sawah, dan Soto Sulung Stasiun Tugu. Harga soto berkisar antara Rp5.000,- hingga Rp12.000,-.

6. Ayam Goreng
Ayam goring merupakan sajian dari ayam kampung atau ayam kota yang digoreng di dalam minyak panas. Sajian ini merupakan menu favorit dari berbagai kalangan masyarakat. Ayam goreng yang paling terkenal di Jogja adalah ayam goreng kampung. Beberapa ayam goreng rekomendasi di Jogja yang tidak boleh dilewatkan yaitu Ayam Goreng Ninit, Ayam Goreng Suhartini, Ayam Goreng Bu Tini, Ayam Goreng Mbah Cemplung, dan Ayam Goreng Mbok Sabar. Harga ayam goreng ini berkisar antara Rp5.000,- hingga Rp100.000,-.

7. Bakpia
Bakpia adalah makanan yang berbahan dasar kacang hijau yang dibungkus dengan tepung. Seiring berjalannya waktu, isi bakpia tidak hanya kacang hijau, sekarang sudah banyak varian rasa, mulai dari keju, cokelat, durian, hingga cappuccino dan abon sapi. Bakpia termasuk salah satu makanan Jogja yang sangat populer. Beberapa bakpia rekomendasi di Jogja adalah Bakpia Merlino, Bakpia Pathuk 75, Bakpia Kurnia Sari dan Bakpia Pathuk 25. Harga bakpia berkisar antara Rp15.000,- hingga Rp30.000,-.

8. Jadah Tempe
Jadah tempe adalah makanan olahan dari ketan dengan campuran kelapa yang gurih dan disajikan dengan tempe bacem. Jadah tempe merupakan makanan khas daerah Kaliurang, Sleman. Jadah tempe yang palinng terkenal dari Kaliurang adalah Jadah Tempe Mbah Jarik. Namun jika Anda ingin menyicipi jadah tempe lainnya, Anda dapat menemukannya di sekitar daerah Kaliurang. Jadah tempe dijual dengan harga kisaran Rp10.000,- hingga Rp30.000,-.

Demikian ulasan mengenai masakan Indonesia yang berasal dari Jogja yang tidak boleh dilewatkan selama berada di Jogja. Semoga membantu Anda selama berwisata di daerah Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *