Monday, June 25, 2018
Home > Berita Unik > 8 Kuliner Khas Lampung yang Perlu Kita Ketahui

8 Kuliner Khas Lampung yang Perlu Kita Ketahui

Lampung

Lampung merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia tepatnya terletak di Pulau Sumatera. Sama halnya dengan daerah lain yang ada di Indonesia, Lampung juga memiliki kuliner yang khas yang dapat Anda nikmati kelezatannya ketika Anda berkunjung ke Lampung. Berikut beberapa masakan Indonesia yang berasal dari Lampung:

1. Seruit
Jika Anda menyukai ikan, maka seruit bisa menjadi salah satu makanan pilihan Anda ketika berkunjung ke daerah Lampung. Seruit merupakan olahan yang terbuat dari ikan yang dibakar maupun digoreng. Seruit disajikan dengan tambahan sambal terasi, tempoyak, atau mangga. Ikan yang digunakan untuk membuat seruit adalah ikan yang berasal dari sungai seperti baung, layis, belide, dan jenis ikan darat lainnya. Selain itu, ada beberapa lalapan yang dapat dinikmati untuk menambah kelezatan makanan ini. Orang Lampung biasanya menambahkan tempoyak ke dalam seruit. Bagi Anda yang belum pernah memakan tempoyak pasti akan merasa bahwa tempoyak adalah makanan yang aneh. Selain itu, Anda juga harus menggunakan beberapa lalapan seperti kemangi, jengkol dan terong bakar.

2. Tempoyak
Tempoyak adalah makanan yang terbuat dari durian yang sebelumnya telah difermentasi terlebih dahulu. Tempoyak biasanya digunakan orang Lampung sebagai teman makan nasi. Tempoyak juga dapat dikonsumsi tanpa menggunakan nasi. Akan tetapi, ini merupakan hal yang jarang dilakukan karena rasa asam dan aroma yang dihasilkan tempoyak begitu menyengat. Tempoyak bukan hanya terkenal di Lampung, akan tetapi juga dikenal di Palembang dan Kalimantan.

3. Kemplang
Pernahkah Anda mencoba makanan dengan tekstur yang kering menyerupai kerupuk dan terbuat dari ikan? Di Lampung terdapat makanan yang dinamakan Kemplang. Kemplang merupakan makanan yang berbahan dasar ikan dan dibuat dengan cara dipanggang tanpa digoreng. Kelezatan kemplang sudah tidak diragukan lagi oleh semua orang Lampung. Rasa gurih yang dihasilkan dapat menggugah selera siapapun yang mencicipinya. Kemplang cocok digunakan sebagai lauk atau hanya sekedar camilan saja.

4. Geguduh
Geguduh merupakan makanan khas Lampung yang terbuat dari pisang. Jika dilihat, olahan yang satu ini hamper mirip dengan pisang goreng. Pisang yang akan digunakan untuk membuat harus dihaluskan terlebih dahulu dan dicampur dengan tepung terigu. Adonan yang telah dibuat kemudian digoreng dengan menggunakan minyak panas hingga matang.

5. Engkak Ketan
Kita pasti sudah dapat menebak bahwa olahan yang satu ini terbuat dari ketan. Engkak ketan merupakan kue basah yang tidak hanya terkenal di Lampung tetapi juga di Palembang dan di daerah Sumatera lainnya.

6. Keripik Pisang
Makanan ini merupakan makanan yang sudah sangat terkenal yaitu keripik pisang khas Lampung. Keripik ini terbuat dari pisang pilihan yang dipadukan dengan berbagai rasa seperti keju, strawberry, coklat, mocca, susu, sapi panggang, melon dan rasa lainnya. Jika anda berkunjung ke Lampung, Anda dapat menjadikan salah satu olahan ini sebagai oleh-oleh. Pasti keluarga Anda di rumah akan sangat menyukainya.

7. Gabing
Gabing terbuat dari batang kelapa yang masih sangat muda dan ukurannya tidak terlalu besar. Gabing merupakan olahan yang berbentuk sayur yang mirip seperti rebung. Batang kelapa yang disiapkan untuk membuat Gabing kemudian dimasak denganbumbu santan khas Lampung. Rasa yang dihasilkan dari olahan ini merupakan perpaduan antara manis, asin dan sedikit rasa pedas.

8. Umbu
Jika Anda merupakan salah satu penggemar makanan lalapan, Anda harus mencoba lalapan khas Lampung yang disebut umbu ini. Umbu ini tidak seperti lalapan pada umunya yang berwarna hijau. Umbu terbuat dari rotan yang masih muda yang kemudian direbus sampai empuk. Rasa dari umbu ini seperti pare yang cenderung memiliki rasa pahit akan tetapi dapat membangkitkan selera makan anda.

Demikian ulasan mengenai masakan Indonesia khas Lampung. Semoga dapat menjadi referensi Anda sebelum berkunjung ke Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *