Monday, June 25, 2018
Home > Berita Unik > Berwisata di Bukit Tinggi? Jangan Lupa Coba 6 Kuliner Khas yang Menggugah Selera Ini

Berwisata di Bukit Tinggi? Jangan Lupa Coba 6 Kuliner Khas yang Menggugah Selera Ini

Bukit Tinggi

Bukit tinggi merupakan kota yang kaya akan sejarah di Sumatera Barat. Tak hanya sejarah, Bukittinggi pun kaya akan keragaman kulinernya sehingga menjadi surga bagi para pemburu kuliner Indonesia. Bila Anda berkunjung ke Bukittinggi, banyak sekali makanan yang menggungah selera yang akan membuat Anda betah untuk berlama-lama di kota yang satu ini. Lalu, apa saya kuliner khas yang wajib Anda coba? Inilah kulinernya :

1. Pical Sikai & Lamang Tapai
Pical sikai ini kalau di pulau Jawa bisa diibaratkan seperti pecel. Yang berbeda adalah pical sikai menambahkan rebusan rebung dan jantung pisang dalam sayurannya. Bumbu kacang sebagai taburannya pun cukup pas, tidak terlalu pedas dan tidak terlalu manis. Sedangkan untuk lamang tapai rasanya perpaduan antara manis dan asam, tapi tentu saja cocok di lidah saat dimakan. Aroma peragian yang khas dari tapai hitam sangat menggugah selera bagi siapapun yang akan menyantapnya.

2. Sate Danguang Danguang
Sate Danguang Danguang berasal dari Payakumbuh, tapi sering kali di Bukittinggi banyak yang menjajakan sate jenis ini pada malam hari. Satenya terbuat dari daging yang sudah diiris tipis-tips sehingga bumbu mudah terserap. Bumbunya pun mengandung kelapa sehingga rasa sate lebih gurih. Rasanya cukup pedas, tapi tidak terlalu pedas. Biasanya disajikan di piring kecil yang dilapisi dengan dauh pisang. Agar lebih kenyang Anda bisa menambahkan potongan lontong sebagai pelengkap. Atau, lebih, mantap lagi jika menambahkan krupuk kulit sebelum sate disiram kuah panas.

3. Kerupuk Siram Mie
Kerupuk Siram Mie merupakan kerupuk yang disiram dengan bumbu kacang. Bumbu kacangnya terasa seperti bumbu kari. Harganya pun cukup murah sekitar Rp 4000 untuk sepotong kerupuk lebar. Cocok untuk cemilan sambil menikmati keindahan sunset di sekitar Jam Gadang. Hal ini karena penjual kerupuk siram mie sering ditemukan di sekitar Jam Gadang.

4. Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai
Gulai itiak lado mudo ngarai memiliki citarasa yang unik dan berbeda dari gulai itik lainnya. Gulai itik yang satu ini tidak menggunakan santan sehingga menghasilkan rasa yang lebih segar. Proses pengolahannya pun dilakukan secara hati-hati selama semalaman agar menghasilkan rasa yang berkualitas. Daging yang digunakan hanya bebek kampung, bukan bebek ternak. Tidak heran jika rasanya sangat enak dan nagih.

5. Nasi Kapau Uni Cah
Nasi Kapau yang satu ini memiliki cara penyajian yang cukup unik. Semua lauk-pauk disajikan dalam baskom besar dan ditaruh di atas panggung bertingkat berupa anak tangga. Nantinya si pelayan berada di belakang punggung dan mengambil makanan dengan menggunakan sendok kayu berukuran panjang. Bila dihilat sekilas, lauk pauknya tidak jauh beda dengan nasi Padang, hanya saja soal rasa sedikit berbeda. Bumbu masakan nasi kapau tidak bisa menyerap minyak seperti nasi Padang, lantaran proses memasaknya tidak ditumis. Nasi kapau pun dilengkapi dengan sayuran yang disajikan utuh dan disiram bumbu gulai super lezat.

6. Ayam Pop Family Benteng
Jika dilihat secara penampilan, mungkin ayam pucat ini tak menggugah selera makan Anda. Tapi Anda harus mencobanya dan rasakan kegurihan daging yang disuguhkan. Tekstur dagingnya pun sangat lembut terlebih setelah diocok dengan saus asam pedas. Dijamin, Anda akan ketagihan. Mungkin istilah jangan menilai sesuatu dari tampilannya sangat cocok untuk kuliner yang satu ini.
Itulah sejumlah kuliner khas dari Bukittinggi yang bisa Anda cicipi saat mengunjungi daerah yang identik dengan Jam Gadang tersebut. Apa ada salah satu kuliner yang membuat Anda penasaran? Ayo, jangan ragu untuk mencobanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *