Thursday, August 16, 2018
Home > Berita Unik > Ini Dia Makanan Manado Dengan Rasa Yang Dijamin Cuamik

Ini Dia Makanan Manado Dengan Rasa Yang Dijamin Cuamik

Manado

Manado merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Tak hanya wisata alamnya yang menggoda mata, tapi juga wisata kulinernya yang berhasil menggoda lidah. Kuliner dari Manado ini menambahan keanekaragaman kuliner Indonesia. Ada sejumlah makanan khas Manado yang wajib dicicipi saat berwisata ke sana. Inilah beberapa diantaranya:

1. Bubur Manado
Kuliner khas Manado yang satu ini dikenal juga dengan nama titunuan. Meski tidak jauh berbeda dengan bubur pada umumnya, namun bubur manado ini terbilang lebih sehat dibandingkan dengan bubur ayam biasa. Hal ini karena bubur manado menggunakan bahan sayur mayur. Di mana, sayuran dicampur dengan serutan jagung lalu dimasukkan ke dalam adonan bubur berbahan dasar beras. Setelah itu bubur disajikan bersama sambal dan ikan asin.

2. Ayam Tuturuga
Ayam tuturga merupakan kuliner khas dari Manado yang tampilannya tidak jauh beda dari opor ayam. Biasanya ayam tuturga disajikan sebagai menu makanan sehari-hari orang-orang di sana dengan cita rasa yang lebih gurih dan lebih pedas dibanding opor ayam.

3. Nasi Jaha
Jika berbicara soal kuliner Manado, nasi jaha tentu wajib masuk ke dalam list kuliner Manado yang wajib dicoba. Terlebih kuliner yang satu ini sangat mudah ditemukan di tiap sudut kota Manado. Cara memasaknya pun terbilang cukup unik, yaitu campuran beras dan ketan dimasak menggunakan bamboo sebagai wadah masaknya, lalu kemudian dibakar sampai campuran dua bahan tersebut matang.

4. Sambal Bakasang
Manado memang identik dengan kulinernya yang bercitarasa pedas, sehingga apabila Anda berkunjung ke sana tidak akan sulit menemukan makanan pedas. Salah satu sambal yang paling terkenal di sana adalah sambal bakasang. Rasa sambal ini terbilang cukup unik karena terbuat dari campuran telur ikan dan cabai.

5. Ayam Woku-Woku
Ayam woku-woku bercitarasa pedas sehingga sangat cocok bagi Anda yang suka makanan pedas. Dijamin citarasa pedas yang ditawarkan buat Anda ketagihan. Tingkat kepedasan dari ayam woku-woku ini sampai bisa membuat perut panas, tapi tentu di sinilah letak nikmatnya para pecinta makanan pedas.

6. Ikan Cakalang Fufu
Nama cakalang seringkali Anda dengar, hal ini karena ikan ini memang sudah tidak asing bagi pecinta masakan Indonesia. Biasanya ikan ini dimasak dengan berbagai bumbu kemudian di asap. Paling lezat menyantap ikan cakalang dengan sambal dabu-dabu, yaitu sambal khas Manado yang cara pembuatannya bukan diulek, melainkan diiris.

7. Rica Rodo
Rica Rodo merupakan manakan khas Manado yang terbilang unik dan cocok untuk Anda pecinta makanan berbahan dasar sayur. Sebab, makanan ini berbahan dasar terong dengan sedikit campuran jagung manis.

8. Makanan Khas Manado
Nasi kuning memang tak hanya ada di Manado saja, tapi nasi kuning Manado memiliki ciri khasnya tersendiri. Biasanya nasi kuning ini dibungkus dengan woka yang dibentuk seperti permen ukuran besar dan disajikan dengan abon ikan sebagai lauk pauknya.

9. Klappertaart
Mungkin nama makanan ini terdengar asing di lidah orang Indonesia. Ya, karena sebenarnya makanan ini merupakan warisan bangsa Belanda yang sampai sekarang masih dilestarikan. Kue ini terbuat dari kelapa muda yang nikmat dinikmati saat cuaca dingin.

10. Sambal Roa
Keindahan pantai di Manado sangatlah eksotis dan selalu ramai oleh pengunjung. Menikmati pantai di Manado terasa lebih lengkap bila ditemani dengan jagung bakar atau ketela goreng. Kedua makanan tersebut akan lebih nikmat jika disajikan bersama sambal roa. Ya, sambal ini terbuat dari ikan roa yang sudah dihaluskan. Dijamin, rasa jagung bakar dan ketela goreng Anda lebih nikmat.

11. Pisang Goroho
Pisang Goroho merupakan pisang khas Sulawesi Utara yang enak disantap secara langsung maupun di olah terlebih dulu. Rasanya sedikit asam, tapi tetap enak terlebih jika didampingi dengan secangkir teh atau kopi. Pisang ini berbeda dengan pisang pada umumnya, karena pisang goroho lebih enak disantap saat masih muda alias belum terlalu matang.

Demkianlah sejumlah makanan khas Manado yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke sana. Apakah ada kuliner di atas yang sangat ingin Anda cicipi? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *