Monday, June 25, 2018
Home > Berita Unik > Inilah Kuliner Khas Papua dari Mulai yang Unik Sampai yang Ekstrim!

Inilah Kuliner Khas Papua dari Mulai yang Unik Sampai yang Ekstrim!

Kuliner Khas Papua

Papua merupakan wilayah bagian timur Indonesia dengan segala daya tariknya. Salah satu hal yang membuat wisatawan tertarik berkunjung ke Papua adalah kulinernya yang unik. Keunikan kuliner Papua membuat banyak orang ingin mencicipinya. Ada sejumlah kuliner Papua yang wajib Anda cicipi saat bertandang ke Papua. Apa saja? Simak di bawah ini!

1. Kue Lontar
Makanan yang paling lezat di Papua adalah kue lontar. Tidak heran jika makanan dengan bentuk yang tidak jauh dengan pie susu ini cukup hits. Kue lontar biasanya terbuat dari susu dan gula. Rasanya yang manis membuat Anda kegatihan.

2. Ikan Bakar Manokwari
Seperti namanya, ikan bakar yang satu ini merupakan kuliner khas Manokwari. Menu ini akan mudah ditemukan di warung-warung atau pun rumah makan pinggir jalan. Cita rasa yang ditawarkan pun cukup unik. Makanan yang berbahan dasar tongkol ini memiliki cita rasa pedas dan lezat terlebih jika didampingi dengan nasi putih hangat.

3. Ikan Bungkus
Kebanyakan orang yang sudah mencoba makanan yang satu ini merasa ketagihan. Hal ini karena rasanya yang sangat lezat dan pas dilidah. Banyak sekali rempah dan bumbu lain yang dicampurkan dalam masakan ini sehingga menciptakan rasa yang tidak ada duanya. Proses pembuatannya pun memakan waktu yang cukup lama di api kecil, sehingga bumbu dapat meresap secara sempurna.

4. Sagu Lempeng
Sagu Lempeng adalah kue khas yang bisa Anda temukan dengan mudah di daerah Papua. Biasanya warga papua menikmati sagu lempeng bersama secangkir kopi maupun teh hangat sambal menikmati waktu bersantai di sore hari. Teksturnya yang keras menjadi ciri khas kuliner ini.

5. Papeda
Mungkin Anda belum mencicipi kuliner yang satu ini, tapi Anda tentu pernah mendengarnya bukan? Tidak sedikit wisatawan yang jauh-jauh ke Papua hanya untuk menikmati Papeda. Makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu ini memang sangat terkenal. Teksturnya yang kenyal membuat kuliner ini membutuhkan trik khusus saat memakannya. Dengan segala keunikannya tidak heran jika papeda menjadi salah satu kuliner Indonesia yang paling diburu wisatawan di Papua.

6. Udang Selingkuh
Namanya terdengar unik dan sedikit aneh bukan? Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa dinamakan demikian. Ternyata, hal ini karena saking besarnya capit udang tersebut mirip dengan kepiting sehingga seakan selingkuh dari identitas sebenarnya sebagai seekor udang. Tak hanya namanya yang unik, rasanya pun terbilang unik sehingga Anda wajib mencicipinya saat berkunjung ke Papua.

7. Sate Ulat Sagu
Makanan ini bisa dibilang makanan ekstrim dari daratan Papua. Apa Anda berani untuk mencicipinya? Seperti namanya, sate ini memang benar-benar terbuat dari ulat sagu. Meski terdengar menakutkan, tapi kandungan yang terdapat dalam sate ulat satu ini sangat baik untuk kesehatan. Konon, citarasa dari ulat sagu ini terasa manis dana sin dan teksturnya kenyal.

8. Kue Bagea
Kalau yang satu ini adalah oleh-oleh wajib dari Papua. Kue bagea merupakan abon yang digulung dengan berbagai isian seperti stroberi, cokelat, sampai ayam. Jika dilihat tampilannya, kue bagea tidak ada bedanya dengan bolu gulung hanya saja terbuat dari bahan yang berbeda.

9. Sarang Semut
Sesuai dengan namanya, tampilan makanan yang satu ini serupa dengan sarang semut. Sarang semut sendiri merupakan tanaman yang sering diburu oleh wisatawan karena kandungannya yang baik untuk tubuh. Bisa dibilang makanan yang satu ini bisa dijadikan obat untuk berbagai penyakit.

10. Sambal Colo-Colo
Sambal colo-colo merupakan sambal khas dari Papua. sambal ini sebenarnya berasal dari kota Ambon dan Manado. Hanya saja, sambal ini sangat familiar di Papua. Rasa pedas dari sambal ini sangat khas dan terdapat sedikit rasa asam dari perasan jeruk nipis.
Itulah sejumlah kuliner dari Papua, dari yang unik sampai yang ekstrim bisa Anda cicipi di sana. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *