Tuesday, December 11, 2018
Home > Seks Sehat > Seks Dan Kesehatan

Seks Dan Kesehatan

Seks Dan Kesehatan

Seks Dan Kesehatan

Menurut penelitian ilmiah terbaru yang dilakukan oleh Universitas Negeri Oregon, Amerika Serikat, menemukan fakta bahwa seks dapat membuat kinerja seseorang menjadi semakin meningkat baik pada pria maupun wanita. Penelitian tersebut dilakukan pada 159 pasangan karier. Mereka mengaku bahwa setelah berhubungan seksual, mereka mendapatkan efek positif pada mood mereka saat bekerja di keesokan harinya. Bahkan, mood baik tersebut mampu bertahan hingga 24 jam setelah kegiatan bercinta dilakukan.

Keith Leavitt selaku pimpinan peneliatian tersebut mengatakan bahwa alasan sederhananya adalah karena hubungan seksual membuat tubuh menghasilkan dua hormon pembentuk rasa bahagia, yaitu oksitosin dan dopamin. Hormon-hormon tersebut mampu memengaruhi otak untuk meningkatkan mood dan fokus menjadi lebih baik. Selain itu, berhubungan seksual juga memberikan Anda beberapa manfaat positif lainnya, seperti:

  1. Kesehatan Jantung

Walaupun penelitian terbaru menyebutkan bahwa berhubungan seksual dengan intensitas yang tinggi maampu menimbulkan risiko serangan jantung yang lebih besar. Akan tetapi, hal itu hanya terjadi pada pria di atas usia 50 tahun yang memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik, seperti darah tinggi. Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa pria yang melakukan hubungan seksual secara rutin mendapatkan 45 persen jauh dari risiko terkena penyakit kardiovaskular. Bahkan apabila kita menjalani pola hidup yang sehat, maka hubungan seksual dengan intensitas yang tinggi juga mampu membantu memperkuat fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

  1. Kesehatan Prostat

Dalam beberapa studi ilmiah yang dilakukan dapat diketahui bahawa pria yang khususnya berusia di bawah 50 tahun mengalami sedikitnya 21 kali ejakulasi dalam satu bulan cenderung terindar dari risiko terjangkit kanker prostat sebanyak 22 persen. Kanker yang menyerang prostat disebebkan oleh jarangnya penggunaan fungsi dari prostat itu sendiri, sehingga membuat kendur kekuatannya dan lemah dalam melawan sel kanker.

  1. Meningkatkan Kualitas Imun Tubuh

Hubungan seks yang  dilakukan secara berkala setiap minggunya telah diketahui mendukung peningkatan produksi hormon immunoglobulin yang berfungsi memperkuat sistem ketahanan tubuh seseorang.

  1. Bermanfaat untuk kualitas seks di usia tua

Melakukan hubungan seks secara berkala diketahui secara ilmiah mampu menurunkan risiko lemah syahwat di usia tua. Fakta ini diperoleh dari beberapa studi ilmiah yang telah dilakukan terhadap beberapa kelompok usia yang dipantau selama hamper sepuluh sampai dua belas tahun terakhir.

  1. Kesehatan otak

Malakukan hubungan seksual secara berkala juga mampu mendukung penguatan fungsi otak, khususnya mengenai fokus. Hubungan seks diketahui dapat menstiulasi pertumbuhan sel-sel baru dalam otak untuk meregenerasi fungsi ruang memori di bagian khusus yang disebut hippocampus. Selain itu, hubungan seksual secara berkala juga mampu meningkatkan fungsi memori jangka pendek.

  1. Meredakan stres

Hasil riset menunjukkan bahwa orang yang tidak melakukan hubungan seksual memiliki risiko mengalami stress yang lebih tinggi dibandingkan orang-orang yang rutin melakukan hubungan seksual dengan ataupun tanpa penetrasi. Orgasme atau intimasi yang tanpa melibatkan penetrasi sekalipun dapat membantu orang untuk merasa lebih rileks, sama seperti meditasi. Rangsangan secara seksual melepaskan zat kimia pada otak dan hormon yang akan membuat Anda menjadi lebih rileks dan lebih nyaman. Selain itu, intimasi dapat membantu meniingkatkan rasa percaya diri yang membentuk pola hidup lebih sehat dan bahagia.

  1. Mengurangi rasa sakit

Orgasme merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melepaskan hormon yang berperan dalam meredakan rasa nyeri. Stimulasi yang dilakukan pada vagina saja bahkan dapat menghentikan rasa sakit yang kronis pada punggung dan kaki, kram saat datang bulan, dan sakit kepala pada beberpa kasus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *