Saturday, April 20, 2019
Home > Berita Hot > Anies Sebut Ahok dan Gubernur Jakarta Lainnya dalam Sambutan MRT

Anies Sebut Ahok dan Gubernur Jakarta Lainnya dalam Sambutan MRT

Berita Indonesia

Gubernur DKI Jakarta, yakni Anies Baswedan mendampingi Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi, meresmikan MRT atau Moda Raya Terpadu di Jakarta. Dia menyebutkan bahwa pembentukan MRT Jakarta ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dalam sambutan yang dia berikan, Anies mengucapkan terima kasihnya kepada para gubernur Jakarta sebelumnya. Anies menyebut nama Sutiyoso, Fauzi Bowo, Joko Widodo, dan gubernur Jakarta lainnya.

Masyarakat setempat juga memberikan sambutan yang meriah ketika mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menyebutkan nama-nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Tidak hanya itu, Anies juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan wakilnya Jusuf Kala. Dalam peresmian tersebut juga Nampak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi dan pejabat lainnya.

Jokowi Resmikan MRT, Jakarta Siapkan 80.000 Kuota Pengunjung

Sehubungan dengan diresmikannya MRT, Jakarta mempersiapkan 80.000 kuota penumpang pada minggu tanggal 24 Maret 2019. Corporate Secretary Divison Head MRT Jakarta, yakni bapak Muhammad Kamaludin mengatakan bahwa untuk layanan operasi pada hari esok yaitu hari Minggu 24 Maret 2019, PT MRT Jakarta menerapkan jumlah pengunjung sebanyak 80.000 orang. Tentu saja ini bukan jumlah yang sedikit.

Pemberlakuakn ini berdasarkan atas pertimbangan unsur keselamatan masyarakat yang menggunakan MRT Jakarta dan pertimbangan atas potensi masalah atau kerusakan yang bisa terjadi pada fasilitas MRT Jakarta. Dalam penjelasannya PT MRT juga menegaskan bahwa sebagai bukti memathuhi dan menjaga fasilitas dengan ketentuan-ketetuan yang telah berlaku di stasiun dan kereta MRT Jakarta.

MRT Jakarta di Resmikan Jokowi

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Muhammad Kamaluddin menyatakan MRT akan mulai beroperasi mulai pukul 11.00 WIB pada hari minggu 24 Maret 2019. Dia mengatakan bahwa pengoperasian kereta itu dilaksanakan setelah MRT Jakarta Blue Bundaran Hotel Indonesia – Lebak Bulus telah di resmikan oleh Presiden Joko Widodo. Dia mengatakan untuk biasa menikmati masyarakat dapat melaksanakan pendaftaran secara online.

Tak hanya itu, dia juga menyebutkan bahwa pihaknya menetapkan kuota pengunjung sebanyak 80 ribu pengunjung pada hari peresmiannya. Kamaluddin mengatakan hal itu atas dasar beberapa pertimbangan yakni atas dasar keselamatan bagi masyarakat yang menggunakan fasilitas pelayanan MRT Jakarta tersebut. Kamaluddin mengakui bahwa PT MRT Jakarta sangat menyesalkan atas perlakuan penumpang yang sedikit menyimpang.

Perlakuan seorang penumpang yang bergelantungan di dalam kereta PT MRT Jakarta tersebut seharunya tidak pernah terjadi. Dan mereka turut menyesal dan mengakui kesalahan itu pada acara peresmian Kereta MRT Jakarta tersebut. Karena hal tersebut dia meminta agar seluruh masyarakat  bisa dan mau menjaga fasilitas umum ini bersama-sama demi keamanan bersama.

Telah Dibuka Uji Coba Lintasan Sepanjang 16 Kilometer

Sebelumnya, MRT Jakarta membuka uji coba muali dari 12-23 Maret 2019. Lintasan sepanjang 16 km itu melewati 13 stasiun. Stasiun-stasiun tersebut itu terdiri atas 7 stasiun lang yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nami, Blok A, Blok M dan Sisingamangaraja. 6 stasiun bawahnya yakni Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas serta Bundaran HI.

Bagi masyarakat yang ingin menikmati fasilitas MRT Jakarta, dapat melakukan pendaftaran online. Kemudian menunjukan bukti konfirmasi pendaftaran yang berada di setiap pintu masuk stasiun. Adanya MRT Jakarta ini diharapkan tidak hanya meningkatkan mobilitas masyarakat, namun juga dapat memberikan manfaat lainnya. Manfaat tersebut seperti perbaikan kualitas udara dan mendorong perubahan gaya hidup masyarakat dari menggunakan fasilitas pribadi menjadi menggunakan fasilitas umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *