Wednesday, September 18, 2019
Home > Berita Hot > IG TV Vs Youtube, Ini yang Paling Bikin Boros!

IG TV Vs Youtube, Ini yang Paling Bikin Boros!

berita harian

Baru-baru ini warga twitter dibuat ramai oleh pertanyaan yang dilontarkan oleh komedia Ernest Prakasa, yang membuat cuitan mengenai lebih boros kuota data internet mana antara ig tv dan youtube. Banyak yang me-reetweet dan menjawab bahwa ig tv lebih boros dari youtube, begitu juga sebaliknya. Namun, kebanyakan dari mereka lebih setuju bahwa ig tv lebih boros.

Dikarenakan rasa penasaran dan upaya untuk mengindari pemborosan data internet, sebuah media online melakukan uji coba sederhana untuk mendapatkan jawaban yang akurat dan terpercaya. Saat diuji dengan menonton video yang resolusi dan durasinya sama, mereka mendapati bahwa youtube masih tetap lebih banyak memakan data internet ketimbang ig tv.

Pada video dengan durasi yang sama 6:27 da resolusi yang sama pula pada IG TV dan youtube, IG TV mengonsumsi data sebesar 34,6 Mb sedangkan youtube memakan data internet sebesar 62,7 MB. Dengan uji coba sederhana ini, dapat diambil kesimpulan bahwa ternyata youtube memakan data internet hampir 2x lipat lebih besar dari pada IG TV.

Hindari Pemborosan Dengan Cara Ini

Jika Anda memang tidak bisa terlepas dari menonton video Youtube atau IG TV, namun tidak ingin paket data internet Anda boros, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Salah satunya yaitu dengan menurunkan resolusi video yang Anda tonton. Menurut uji coba sederhana yang dilakukan media online tadi, penghematan dapat dilakukan dengan cara ini.

Ketika video youtube dengan durasi 6:24 tadi diturunkan kualitas videonya menjadi 144p yaitu paling rendah, dan memilih non aktif untuk kualitas video tinggi pada IG TV. Hasilnya cukup mencengangkan, IG TV berhasil diturunkan konsumsi data internetnya menjadi setengahnya yaitu 16,2 MB sedangkan youtube lebih drastis lagi yaitu hanya sebesar 5,84 MB yang asalnya 62,7 MB.

Meski begitu, perlu diingat bahwa setting resolusi 144p pada youtube tadi adalah setting terendah sehingga kualitasnya paling buruk dan pastinya akan membuat Anda tidak nyaman saat menonton video, opsi ini dipakai jika hanya ingin mendengarkan suaranya saja dari video youtube yang Anda pilih. Sedangkan kualitas video IG TV dengan mode hemat data masih lebih bagus.

IG TV Bisa Jadi Lebih Boros

Anggapan bahwa IG TV memakan lebih banyak data internet dibanding youtube, bisa jadi ada benarnya. Pasalnya IG TV belum mempunyai fitur non aktif video yang diputar secara otomatis (autoplay), itulah yang membuat IG TV menjadi lebih boros dari pada youtube. Belum lagi IG TV belum menyediakan fitur khusus seperti youtube yang dapat mengatur resolusi video.

Data internet akan lebih banyak dikonsumsi IG TV saat membuka halaman explore yang dalam satu halaman saja dapat memuat video dan beberapa foto, sedangkan untuk youtube bisa dikatakan lebih hemat karena ada pilihan fitur autoplay. Belum lagi banyak provider yang menyediakan paket khusus untuk youtube, dan aplikasi youtube go yang membuat penggunanya tidak mengkhawatirkan data internet.

Instagram sampai sekarang terus mempromosikan IG TV melalui halaman explore atau feed. Hal itu bertujuan mengundang lebih banyak penonton, meskipun belum ada informasi mengenai peningkatan penontonnya. Intinya, Anda yang akhirnya menentukan konsumsi data internet apakah ingin menonton video dengan resolusi tinggi. Sehingga lebih boros data internet atau sebaliknya, yang terpenting gunakanlah internet dengan bijak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *