Monday, July 22, 2019
Home > Berita Hot > Membuat Menu Sahur Praktis Agar Anak Semangat Menjalankan Puasa

Membuat Menu Sahur Praktis Agar Anak Semangat Menjalankan Puasa

menu sahur

Memasuki bulan Ramadhan, semua umat muslim pasti antusias menjalankannya, apalagi ibu rumah tangga. Beragam kebutuhan puasa mulai dari alat ibadah, baju muslim, menu untuk berbuka bahkan menu untuk sahur pun tak luput dari perhatiannya. Memilih menu yang pas untuk berbuka dan sahur bagi keluarga sangat penting terutama bagi yang memiliki anak yang baru belajar puasa.

Menu makanan saat puasa terutama saat sahur sangat mempengaruhi lancar atau tidaknya anak-anak menjalankan ibadah puasanya. Maka dari itu anda harus menyiapkan menu sahur yang seimbang agar bisa memenuhi kebutuhan tubuh selama seharian menjalankan puasa. Nah, bagi anda ibu rumah tangga yang tidak memiliki banyak waktu menyiapkan menu sahur, berikut ada beberapa menu sahur praktis namun tetap sehat yang cocok untuk anak-anak.

Menu Sahur Praktis dan Sehat untuk Anak-anak

  1. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu menu favorit anak-anak yang bisa dimakan kapan saja bahkan saat makan sahur sekalipun. Agar lebih sehat, anda bisa menambahkan berbagai bahan tambahan seperti daging ayam, sayur wortel, kacang polong dan juga telur orak-arik. Selain mudah dan praktis, menu ini pastinya sehat dan seimbang serta mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anak sehingga tetap vit selama puasa.

  • Nugget tahu dan sayuran

Selain nasi goreng, anak-anak umumnya juga sangat menyukai nugget sebagai lauk makan mereka. Agar lebih sehat anda bisa membuat sendiri nugget kesukaan anak anda dengan menambah bahan yang lebih sehat seperti tahu dan juga wortel. Anda bisa membuatnya pada sore hari dan menyimpannya di lemari es sehingga saat sahur anda tinggal menggorengnya saja.

  • Sandwich dan susu

Jika anak anda susah untuk disuruh makan sahur, Anda bisa mencoba menu roti isi dan juga susu. Agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi, anda bisa mengisi sandwich tersebut dengan berbagai bahan seperti telur ceplok, daging asap dan pastinya sayuran. Anda bisa menggunakan roti gandum yang lebih kaya akan serat sehingga lebih mengenyangkan untuk anak-anak.

Makanan yang Harus Dihindari Anak-anak saat Sahur

Menurut ketua PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Hardinsyah, MS, Ph. D, anak-anak sebaiknya sebaiknya menghindari makanan yang mengandung bahan berbahaya seperti pewarna tekstil, formalin dan juga boraks saat sahur maupun berbuka. Jenis-jenis makanan tersebut dapat menyebabkan inflamasi atau terjadi pendarahan pada lambung. Maka dari itu, orang tua harus mengontrol setiap makanan yang dimakan oleh anaknya terutama saat bulan puasa seperti ini.

Selain makanan yang mengandung bahan berbahaya, anak-anak juga sebaiknya menghindari makanan cepat saji sebagai menu sahurnya. Selain kurang sehat karena mengandung bahan pengawet dan terlalu banyak garam, makanan cepat saji juga hanya memberikan rasa kenyang sehingga anak anda akan mudah lapar saat menjalankan puasa.

Suplemen yang Baik untuk Anak agar Kuat Menjalankan Puasa

Untuk menjaga tubuh anak anda tetap vit dan bugar selama puasa, tak ada salahnya anda memberikan suplemen tambahan saat sahur. Suplemennya pun sangat beragam yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anak anda. Akan tetapi suplemen yang paling bagus dikonsumsi saat puasa adalah suplemen yang mengandung vitamin C.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, vitamin C juga bagus sebagai penambah daya tahan tubuh sehingga anak anda tidak akan mudah sakit bahkan saat menjalankan puasa sekalipun. Salah satu suplemen yang mengandung vitamin C alami yang bisa anda berikan untuk anak anda adalah madu murni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *