Monday, June 24, 2019
Home > Berita Hot > Ponsel CEO Amazon Diretas

Ponsel CEO Amazon Diretas

berita harian

Seorang penyelidik untuk CEO dari Amazon, Jeff Bezos, mengatakan bahwa Arab Saudi telah berhasil meretas telepon Bezos untuk mengakses datanya. Bezos kemudian telah menyewa Gavin de Becker untuk mencari tahu bagaimana pesan pribadinya bisa bocor ke tabloid National Enquirer.

De Becker akhirnya mengaitkan peretasan tersebut dengan liputan Washington Post mengenai pembunuhan penulis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, di Konsulat Saudi di Istanbul. Arab Saudi masih belum mengomentari tuduhan tersebut. De Becker mengatakan bahwa beliau telah menyerahkan penemuannya kepada pejabat federal Amerika Serikat.

De Becker mengatkan bahwa penyelidik mereka serta beberapa ahli telah menyimpulan dengan keyakinan tinggi bahwa Arab Saudi memiliki akses ke ponsel handphone Bezos dan telah memperoleh informasi pribadi. Temuan beliau datang ketika Bezos, pada bulan Februari lalu, menuduh perusahaan induk National Enquirer, America Media Inc. telah memeras.

Bezos Terlibat Pengancaman

Dikatakan bahwa pihaknya telah mengancam untuk mempublikasikan foto-foto intimnya kecuali jika beliau mengatakan bahwa pelaporan tabloid tersebut tidak bermotivasi politik. National Enquirer telah menerbitkan klaim pada bulan Januari bahwa bos Amazon telah berselingkuh, serta memiliki foto dan pesan teks sebagai bukti.

De Becker mengatakan bahwa AMI juga menuntutnya agar beliau mengatakan penyelidikannya telah menyimpulkan bahwa AMI tidak bergantung kepada segala bentuk penyadapan elektronik atau peretasan dalam proses pengumpulan data baru mereka. Ia menuduh bahwa pemerintah Saudi telah menargetkan Washington Post, yaitu tempat Khashoggi menulis.

Beliau melanjutkan bahwa beberapa orang Amerika akan terkejut mengetahui bahwa pemerintah Saudi telah sangat berniat merugikan Jeff Bezos sejak Oktober lalu. Ini dimulai ketika Post memulai liputan tanpa henti atas pembunuhan Khashoggi. Ia juga mengatakan bahwa sudah jelas bahwa MBS menganggap Post sebagai musuh utama, merujuk pada Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Para pejabat AS mengatakan bahwa pembunuhan Khashoggi akan membutuhkan persetujuan Pangeran Mohammed, tetapi Arab Saudi telah membantah bahwa dia terlibat. Kedutaan Saudi di Washington belum menanggapi permintaan komentar atas tuduhan de Becker. Pada bulan Februari, menteri luar negeri Saudi untuk urusan luar negeri mengatakan Arab Saudi sama sekali tidak ada hubungannya dengan laporan National Enquirer tentang perselingkuhan Bezos.

Hubungannya dengan AMI

AMI belum mengomentari tuduhan De Becker. Perusahaan sebelumnya mengatakan bahwa mereka bertindak secara sah dalam pelaporan kehidupan pribadi Bezos. Namun, Bezos telah diancam bahwa pesan-pesan tersebut akan dipublikasikan pada hari yang sama beliau dan istrinya mengumumkan bahwa mereka akan bercerai setelah 25 tahun menikah.

Bezos sebelumnya telah mengklaim keputusannya untuk memerintahkan penyelidikan membuat bos National Enquirer, David Pecker marah, karena mungkin telah membongkar hubungan bisnis antara Mr Pecker dan Pemerintah Arab Saudi.

Bulan lalu, ia mengambil langkah lebih lanjut dengan menuduh Pecker mencoba memerasnya dengan ancaman menerbitkan foto-foto intim yang diduga dikirimnya ke Sanchez, kecuali jika ia mengatakan di depan umum bahwa laporan tabloid tentang dirinya tidak bermotivasi politik.

De Becker mengatakan AMI secara pribadi meminta agar dia menolak menemukan bukti pengupasan atau peretasan elektronik dalam proses pengumpulan data baru. Ia mengatakan bahwa sampai hari ini, tidak jelas sampai sejauh mana. Jika ada, AMI mengetahui detailnya. Tidak ada keterlibatan oleh pihak ketiga mana pun.

Saudi Ingin Mengendalikan Media AS

Dia mengatakan, Pemerintah Saudi ingin mengendalikan media di Amerika Serikat dan menggunakan cara apa pun untuk melakukannya. Dalam sebuah pernyataan, AMI mengatakan laporannya tentang kehidupan pribadi Bezos didasarkan pada informasi dari satu sumber yang memberi tahu National Enquirer mengenai perselingkuhan pada 10 September 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *