Sunday, December 8, 2019
Home > Berita Hot > 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan Ummat Islam Berburu Malam Qadar

10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan Ummat Islam Berburu Malam Qadar

berita harian

Tidak terasa hari ini kita umat muslim telah sampai pada hari ke 20 di Ramadan. Itu artinya, di 10 hari terakhir selanjutnya akan ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu Lailatul Qadar. Malam yang penuh kemuliaan. Malam yang sangat dinanti oleh seluruh umat Islam di penjuru dunia.

Mulai tanggal 26 Mei 2019 semua orang berharap dapat mendapatkannya karena ada banyak keutamaan pada malam lailatul qadar itu. Tidak seperti malam lainnya. Umat Islam benar-benar ditekankan untuk mencari lailatul qadar pada sepuluh hari terakhir di Bulan Ramadhan pada setiap tahunnya. Berikut ini informasinya untuk Anda.

Apa Maksud Lailatul Qadar Itu?

Malam Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Tiap-tiap kebaikan yang dikerjakan dengan penuh ketulusan dan keikhlasan akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Semua doa akan dikabulkan serta seseorang yang senantiasa memperbanyak ibadah di malam itu akan mendapatkan keistimewaan tersendiri dalam dirinya.

Allah di dalam Al-Quran menjelaskan kalau malam itu adalah malam yang penuh kemuliaan. Sesungguhnya Allah telah menurunkan Al-Quran pada malam itu. Malam qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Di malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Allah untuk mengatur segala urusan. Malam itu adalah malam kesejahteraan sampai terbit fajar.

Untuk itulah mengapa kita umat Islam dituntut untuk mencari malam itu karna begitu angung dan mulianya lailatul qadar itu. Mereka yang akan mendapatkan alam itu adalah mereka yang berusaha mencarinya. Allah itu Maha Tahu, dia akan memberikan malam itu untuk hamba-Nya yang benar-benar menginginkannya dan sekiranya seorang hamba mendapatkan malam itu maka sungguh sangat beruntung.

Namun, keberuntungan itu tidak Allah berikan kepada semua orang, hanya orang yang dipilih oleh Allah yang akan mendapat kemulian itu. Setiap kali seorang hamba berusaha mencari kemulian itu dengan sungguh-sungguh, pastilah Allah akan memilih hamba itu dan mendapatkan lailatul qadar. Karnanya, kita perlu untuk meniatkan hati mencari malam itu.

Kapan Malam Lailatul Qadar Tiba?

Dalam beberapa hadit diterangkan kalau malam Lailatul Qadar umumnya terjadi pada satu malam di sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan. Malam itu adalah malam-malam ganjil atau pada malam 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadan. Sebagaimana dalam hadits Bukhari Nabi memerintahkan kepada kita untuk mencari Lailatur Qadar pada tanggal-tanggal ganjil dari sepuluh hari akhir bulan Ramadhan.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim pun Nabi menjelaskan bahwa siapa saja yang mencarinya malam qadar, maka carilah pada malam tujuh terakhir. Selain itu, ada hadits lain yang juga menjelaskan tentang kapan datangnya malam qadar itu dan hadits itu senada dengan yang disebutkan diatas

Ketika kita mencari malam qdar itu, diusahakan untuk memperbanyak amalan ibadah dan benar-benar berharap akan mendapatkan malam itu. Untuk memastikan agar tidak terlewat malam qadar, maka kita bisa mensiasatinya dengan memperbanyak amalan ibadah sejak malam ke 21 hingga malam ganjil terakhir dari bulan suci ramadhan.

Nah, itulah sedikit informasi tentang malam qadar dan kapan malam itu akan datang. Semoga kita semua termasuk hamba Allah yang senantiasa berharap akan bertemunya dengan malam mulia itu karna betapa mulianya dia. Demikianlah, semoga tulisan ini bermanfaat. Dan selamat puasa bagi siapa saja yang menjalankannya dengan penuh ketakwaan dan keikhlasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *