Monday, July 22, 2019
Home > Berita Unik > 6 Fakta Republik Palau, Negara Tetangga yang Jarang Diketahui Orang Indonesia

6 Fakta Republik Palau, Negara Tetangga yang Jarang Diketahui Orang Indonesia

Fakta Republik Palau

Saat menyebut nama Negara Republik Palau mungkin masih banyak orang yang belum begitu mengenalnya, bahkan ada yang belum pernah mendengar sama sekali. Banyak sekali fakta Republik Palau yang orang-orang belum mengetahuinya, salah satunya adalah orang Indonesia yang tidak menyadari bahwa Palau merupakan negara tetangga. Kebanyakan orang mengetahui bahwa tetangga Indonesia hanya Singapura, Malaysia, Papua, dan Australia. Ternyata ada satu lagi tetangga Indonesia yang jarang disebutkan, yakni Palau. Berikut ini fakta tentang Negara Palau yang banyak orang belum mengetahuinya.

6 Fakta Republik Palau, Negara Tetangga yang Jarang Diketahui Orang Indonesia
Tentang Republik Palau
Republik Palau atau biasa disebut dengan Belau ini merupakan negara kepulauan yang berada di Samudera Pasifik. Negara ini merdeka pada tahun 1994. Negara Palau memiliki luas 459 Km2 dan bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Inggris. Namun, di beberapa pulau ada yang menggunakan bahasa daerah, seperti bahasa Sonsorol, bahasa Jepang, dan bahasa Tubi. Negara ini memiliki delapan pulau besar dan 250 pulau-pulau kecil yang menjadikannya daya tarik wisata orang dari berbagai negara. Negara ini juga terbagi menjadi 16 negara bagian.

Negara Tetangga Indonesia
Negara Palau merupakan tetangga Indonesia yang berbatasan langsung dengan perairan Indonesia sebelah utara. Republik Palau juga berbatasan langsung dengan Filipina. Palau terletak sekitar 200 km dari sebelah utara Papua dan 500 km dari sebelah timur Sulawesi Utara. Walaupun memiliki banyak Pulau, namun hanya pulau yang berukuran besar, sedangkan pulau lain yang berukuran kecil tidak berpenghuni.

Memiliki Pantai yang Indah
Fakta Republik Palau yang selanjutnya adalah memiliki pantai yang indah. Selain pantainya yang indah, negara kepulauan dengan ibukota Ngerulmud ini juga memiliki teluk berwarna biru berbentuk payung. Hal ini menjadikan Palau sebagai salah satu dari tujuh keajaiban bawah air dunia. Salah satu yang menjadi daya tarik para wisatawan mancanegara adalah adanya Rock Island dan batu karang di sekitarnya.

Danau Ubur-ubur
Danau Ubur-ubur atau Jellyfish merupakan salah satu danau di Rock Island yang mampu memikat hati para turis dari berbagai penjuru dunia. Di danau Ubur-ubur ini terdapat sebanyak 21 juta ubur-ubur lembut yang tidak menyengat. Ubur-ubur yang tidak menyengat ini memang sengaja dikembangbiakkan untuk menarik perhatian pengunjung. Selain itu, di danau Ubur-ubur para wisatawan juga bisa melakukan olahraga diving. Terdapat area penyelaman dangkal hingga dalam dengan gua bawah air yang sangat indah.

Kekayaan Flora dan Fauna
Fakta Republik Palau yang selanjutnya adalah kekayaan flora dan fauna yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan negara Palau berada dekat dengan garis khatulistiwa, sehingga memiliki blok hutan hujan tropis yang kaya akan flora dan fauna Mikronesia.
Bahkan sebanyak 10 pulau yang ada di Republik Palau dijadikan sebagai cagar alam dan tiga pulau lainnya digunakan sebagai taman wisata dan taman berburu. Terdapat berbagai jenis burung nan eksotis yang terbang di sekitar pulau-pulau di Palau yang akan memanjakan mata para pengunjung. Di sini Anda juga akan menemui 70 spesies bunga anggrek yang ada di sekitar air terjun dan puncak Gunung Ngerchelechuus.

Tempat Bersejarah dan Berbudaya
Selain memiliki kekayaan flora dan fauna yang memukau, fakta Republik Palau yang berikutnya yakni menawarkan keindahan sejarah dan kebudayaan. Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar negeri untuk berkunjung. Para pengunjung biasanya akan datang ke desa Babeldaob yang terkenal dengan sejarah dan kebudayaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *