Wednesday, June 26, 2019
Home > Berita Unik > Belajar Hidup Sehat Ala Masyarakat Denmark Dalam Penggunaan Produk-Produk Organik

Belajar Hidup Sehat Ala Masyarakat Denmark Dalam Penggunaan Produk-Produk Organik

berita harian

Kalau Anda berkunjung dan singgah di Denmark, sempatkanlah bermain ke supermarketnya. Para pecinta makanan sehat tentu akan merasa senang sekali belanja disana karena inilah tempatnya bahan makanan organik. Di sana Anda akan banyak menemukan produk-produk organic hasil dari para petani disana. Denmark bisa disebut sebagai pusat olahan organik dunia.

Orang-orang Denmark sangat mencintai produk-produk organik, bahkan, pemerintah disana pun sangat memperhatikan ini. Ada regulasi atau peraturan yang ketat yang diberlakukan oleh pemerintah disana untuk menjamin produk-produk organik. Untuk itulah kita perlu belajar untuk pengolahan produk organik ini agar masyarakat kita pun terbiasa menggunakan bahan panganan hasil organik.

Bukan Hanya sayur dan buah, Ada Banyak Produk Organik di Denmark

Bukan hanya sayur mayur dan bahan produk organik yang dijual di Denmark. Lebih dari sekedar itu. Pilihan bahan pangan organik di Denmark begitu banyak. Mulai dari kebutuhan daging, susu, ikan makanan bayi, roti, oats, sampai cemilan biscuit pun ada disana. Banyak, kan? Coba bandingkan dengan yang ada di negara kita.

Di Denmark, mereka juga mempunyai peternakan sapi perah organik yang terbesar di dunia. Sekarang ini ada 300 peternak susu organik dengan standar sertifikasi yang ketat untuk hasil peternakan, bukan hanya itu, masih ada syarat lain agar bisa dapat sertifikat organik yaitu memperhatikan kesejahteraan hewan. Disana tidak boleh memakai hormon dan antibiotic untuk hewan.

Terkadang masyarakat disana juga makan produk non organik, namun jika semakin sering makan produk organik, semakin pula tidak tertarik untuk mengonsumsi produk konvensional. Buah serta sayur contohnya, masih nampak semprotan pestisidanya di kulit buahan ataupun sayur. Selain daya beli masyarakat yang tinggi, pemerintah setempat pun mendukung terbentuknya gaya hidup serta tren konsumsi produk organik.

Jika ada produk yang mengklaim organik memang harus disertifikasi oleh lembaga secara resmi. Walau begitu, sebenarnya produksi bahan organik lebih kepada hati serta pikiran pelaku usaha organik itu untuk memastikan produk yang mereka hasilkan terjamin aman bagi tubuh dan tidak membahayakan siapa pun yang mengonsumsinya, serta tidak merusak lingkungan.

Manfaat Produk Organik Bagi Lingkungan Serta Manusia

Manfaat organik untuk Lingkungan antara lain Produk organik yang tidak memakai kimia sama sekali pastinya akan membuat tanah tidak akan tercemar. Air serta mahluk hidup di sekitar tanah itu juga tidak akan teracuni oleh zat-zat berbahaya dari bahan kimia. Penyemprotan pestisida yang beracun tidak akan ditemukan di pertanian organik.

Ada banyak manfaat produk bagi manusia, antara lain bahan kimia yang sering dipakai dalam praktek pertanian dapat menyebabkan kanker, keracunan serta penyakit berbahaya lainnya. Di produk organik, semua itu tidak perlu Anda semaskan. Selain itu Zat kimia dalam pestisida serta pupuk juga dapat menyebabkan hilangnya beberapa unsur penting didalam tanaman.

Begitupun produk organik didalam kosmetik memiliki keunggulan lebih tersendiri. Kosmetik yang berasal dan hanya berbahan organik, terbukti dapat membuat kulit lebih sehat, cantik, dan tentunya aman bagi kulit, sebab rendahnya kandungan kimia dalam produk itu. Sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan jika kulit Anda akan terkena infeksi atau kerusakan sel kulit karna menggunakan produk kimia.

Nah, bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik untuk menggunkan produk organik juga? Ya, di Indonesia memang kampanye produk organik belum begitu santer terdengar, namun kita bisa memulainya dari diri kita dan keluarga dahulu. Sebagaimana yang telah dibahas, ada banyak manfaat penggunaan produk organik ini sehingga Anda dapat memulai hidup sehat dari sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *