Saturday, August 24, 2019
Home > Berita Hot > Puasa? Hindari Makanan Ini Saat Berbuka

Puasa? Hindari Makanan Ini Saat Berbuka

info puasa

Buka puasa pastinya akan terasa lebih nikmat apabila ditemani oleh banyak sajian-sajian yang menggugah selera. Walaupun begitu, Anda harus tetap menjaga dan memilih makanan agar tidak sembarang melahapnya. Akan jadi masalah jika makanan yang Anda lahap untuk berbuka puasa itu dapat membuat puasa dan pencernaan Anda justru bermasalah. Kondisi ini tidak Anda inginkan bukan?

Untuk menjaga hal tersebut agar tidak terjadi menimpa Ada beserta keluarga tersayang ada beberapa makanan yang lebih baik dihindari saat berbuka puasa. Daftar makanan ini pastinya tidak asing lagi bagi Anda. Apa saja makanan tersebut? Di bawah ini akan kami paparkan dengan selengkap-lengkapnya informasi mengenai daftar makanan yang harus Anda hindari saat buka puasa.

Hindari Makanan ini Saat Berbuka Puasa

Ketika berbuka puasa, biasanya apapun bisa menjadi sebuah makanan pembuka asal perut bisa terisi. Namun ternyata tidak semua jenis makanan cocok untuk dijadikan sebagai menu buka puasa. Karena ada sebagian makanan yang justru dapat memberikan reaksi negatif pada tubuh saat dikonsumsi untuk berbuka puasa. Makanan tersebut di antaranya adalah:

1. Makanan Bernuansa Pedas

Cabai memiliki senyawa capsaicin yang akan memberikan suasana pedas pada mulut. Kandungan ini bisa saja membuat lambung Anda menjadi iritasi dan menimbulkan reaksi asam berlebih yang bisa menyebabkan perut menjadi terasa keram serta nyeri. Makanan yang pedas juga dapat menyebabkan terjadinya diare. Maka dari itu, ada baiknya Anda menghindari makanan ini saat berbuka.

2. Sayuran Mentah

Sayuran memang menyehatkan bagi tubuh. Namun apa jadinya jika sayuran yang dikonsumsi tersebut masih mentah? Serta yang terkandung dalam sayuran memang menyehatkan namun mengonsumsinya secara langsung ketika berbuka puasa justru akan membuat organ pencernaan Anda kaget karena harus bekerja keras mencerna sayur mayur yang padat.

Hindari Buah yang Asam saat Berbuka Puasa

Saat kita berpuasa, kandungan asam lambung akan meningkat. Hal ini dikarenakan seharian lambung kosong tidak terisi makanan sedangkan asam lambung terus diproduksi dilambung, hal tersebut membuat asam lambung ini menjadi meningkat di lambung. Untuk itu memakan buah yang asam seperti nanas, strawberry, jeruk dan buah asam lainnya sebaiknya dihindari. Sebaiknya, minumlah air putih yang hangat.

Minuman yang Harus Dihindari Saat Berbuka

Selain makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat berbuka puasa, ternyata adapula minuman yang tidak boleh dan dianjurkan untuk dihindari agar tidak dikonsumsi untuk berbuka puasa. Minuman ini merupakan minuman yang umumnya banyak dikonsumsi orang pada setiap harinya. Apa saja minuman yang harus dihindari saat berbuka? Berikut ini informasi selengkapnya.

  1. Minuman Manis dari Kemasan Instan

Minuman yang manis menjadi salah satu andalan saat berbuka puasa. Apalagi ada keterangan yang menganjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis. Minuman yang manis ini bisa membuat peminumnya segar kembali saat buka puasa. Namun minuman dengan kemasan seperti minuman berenergi, jus buah kemasan dan minuman kemasan lainnya kurang baik diminum saat perut masih kosong.

  • Minuman Dingin dan Bersoda

Minuman yang dingin dikatakan bisa merusak selaput lendir dan membuat merabolisme serta sistem pencernaan menjadi terhambat. Minuman dingin juga diklaim dapat memberikan efek dingin dan kaku pada perut, juga menahan lemak da zat sisa pada usus. Sedangkan untuk minuman bersoda bisa membuat perut menjadi iritasi. Minuman bersoda juga dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *