Wednesday, September 18, 2019
Home > Berita Unik > Simak, 6 Fenomena Aneh di Dalam Pikiran Manusia

Simak, 6 Fenomena Aneh di Dalam Pikiran Manusia

Fenomena Aneh di Dalam Pikiran Manusia

Otak merupakan penyimpan memori raksasa yang ada pada manusia, baik itu kenangan, pelajaran, lokasi sebuah tempat, dan sebagainya. Semuanya disimpan di otak manusia. Seiring dengan aktivitas yang dilakukan setiap hari menjadikan berbagai kenangan tersimpan di otak semakin banyak. Hal ini menyebabkan terjadinya berbagai fenomena aneh di dalam pikiran manusia.
Bahkan fenomena aneh ini sering dialami oleh manusia, bahkan ada yang mengalaminya tanpa sadar. Fenomena aneh tersebut kemudian diberi nama julukan tersendiri. Berikut ini fenomena aneh yang ada di dalam pikiran manusia.

Simak, 6 Fenomena Aneh di Dalam Pikiran Manusia :
1. L esprit de I Escalier
Fenomena di dalam pikiran manusia dalam bahasa Latin ini jika diterjemahkan artinya adalah lelucon di tangga rumah. Istilah fenomena aneh dalam pikiran ini digunakan saat pikiran terlambat mendapatkan jawaban. Mungkin Anda pernah mengalami fenomena aneh yang satu ini, seperti pada saat sedang bercakap dengan teman tiba-tiba ingin berkomentar. Namun, terjadi rasa penyesalan karena topiknya sudah berganti.

2. Fregoli Delusion
Fregoli delusion merupakan fenomena aneh dalam pikiran manusia yang jarang terjadi. Pasalnya, orang yang sedang mengalami fregoli delusion akan mengira bahwa setiap orang yang ditemui merupakan satu orang yang sedang menyamar. Orang yang mengalami fenomena ini memiliki sifat paranoid yang percaya bahwa orang-orang sedang mengawasinya.

3. Prosopagnosa
Fenomena aneh di dalam pikiran manusia yang selanjutnya adalah prospopagnosa. Fenomena aneh dalam pikiran manusia yang satu ini juga jarang sekali ditemui. Seseorang mengalami prosopagnosa saat tidak mengenali wajah orang-orang di sekitarnya, bahkan yang sudah akrab sekalipun.
Prosopagnosa berbeda dengan amnesia, karena orang yang mengalaminya masih bisa mengenali orang lain melalui pakaian yang dikenakan, bau, suara, dan cara berjalan.

4. Déjà Vu
Déjà vu merupakan fenomena aneh di dalam pikiran manusia yang sering dialami. Déjà vu terjadi jika Anda seolah-olah sudah pernah mengalami kejadian yang sedang dialami pada saat itu. Orang yang sedang mengalami déjà vu akan berada di situasi yang seolah berulang. Namun, pikiran tetap dalam kondisi yang sadar bahwa hal ini seperti berulang.
Dari berbagai analisa yang dilakukan, ternyata déjà vu erat kaitannya dengan mimpi yang pernah dialami. Terkadang juga ada kaitannya dengan khayalan atau lintasan pikiran yang pernah diimpikan pada masa lalu. Hingga saat ini fenomena déjà vu belum diketahui penyebab utamanya. Seseorang juga tidak bisa mengontrol bagaimana dan kapan terjadinya déjà vu.

5. Déjà Visite
Fenomena aneh di dalam pikiran manusia yang berikutnya adalah déjà visite. Fenomena déjà visite mirip dengan pengalaman mistis. Apabila déjà vu melibatkan lintasan pikiran dalam sebuah kejadian, maka déjà visite cenderung tertuju pada tempat baru. Déjà visite terjadi saat Anda berkunjung ke suatu daerah yang baru, namun hafal seluk-beluk daerah tersebut. Hanya sedikit orang yang mengalami fenomena ini, sehingga dikaitkan dengan peristiwa gaib.

6. Jamais Vu
Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, jamais vu berarti tidak bisa melihat. Jamais vu terjadi saat Anda berada di sebuah situasi, namun tidak tahu sedang mengalami situasi apa. Saat dalam kondisi sadar, Anda akan mengetahui sedang berada di kondisi apa, namun saat terkena jamais vu tiba-tiba tidak mengerti sedang dalam kondisi seperti apa.
Orang yang mengalami jamais vu biasanya diikuti dengan perasaan takut dan ngeri. Fenomena aneh di dalam pikiran manusia yang satu ini merupakan kebalikan dari déjà vu. Apabila déjà vu berkaitan dengan mimpi yang di alami, berbeda dengan jamais vu yang berkaitan dengan otak yang lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *