Sunday, January 20, 2019
Home > Prediksi Togel > Kuliner Khas Provinsi Jambi yang Harus Dicoba

Kuliner Khas Provinsi Jambi yang Harus Dicoba

Kuliner Khas Jambi

Jambi merupakan salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatera. Provinsi Jambi memang tidak terlalu dikenal oleh para wisatawan, akan tetapi Pulau Jambi tetap memiliki beragam keunikan wisata terutama dalam hal wisata kuliner. Berikut merupakan beberapa masakan Indonesia khas Provinsi Jambi.

1. Kue Srikaya
Kue srikaya merupakan salah satu kue tradisional khas Jambi. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kue srikaya adalah tape yang diolah dengan santan. Pewarna yang digunakan merupakan pewarna alami yang berasal dari daun pandan, sehingga kue ini memiliki aroma pandan yang harum dan menggugah selera. Meskipun diberi nama buah srikaya, namun kue ini sama sekali tidak menggunakan buah srikaya dalam proses pengolahannya. Namun demikian, rasa kue ini tetap lezat dan nikmat.

2. Gulai Tepek Ikan
Gulai tepek ikan merupakan makanan yang khas Jambi yang hanya disajikan pada saat momen-momen penting saja. Makanan ini dianggap bersejarah bagi sebagian masyarakat Jambi. Bahan dsasar yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah ikan gabus. Gulai ikan tepek hampir sama dengan gulai ikan pada umumnya. Akan tetapi, gulai yang satu ini memiliki rasa yang khas dan berbeda. Gulai tepek ikan ini biasanya hanya disajikan pada saat acara pernikahan, kenduri dan acara adar lainnya.

3. Dodol Nanas
Nanas merupakan buah yang banyak dihasilkan di Provinsi Jambi. Bahkan, terdapat sentra perkebunan nanas yang besar di salah satu wilayah Provinsi Jambi. masyarakat Jambi berinisiatif untuk membuat makanan khas yang terbuat dari nanas karena nanas merupakan buah yang sangat mudah ditemukan di Jambi. Salah satu camilan manis khas Jambi adalah dodol nanas. Jika Anda ingin mencicipi makanan ini, Anda dapat berkunjung ke sentra perkebunan nanas yang berada di daerah Tangkit, Kabupaten Muarojambi. Disana, Anda tidak hanya dapat menemukan dodol, tetapi ada juga makanan lain yang terbuat dari nanas.

4. Jus Pinang
Setelah mencicipi makanan khas Jambi, Anda dapat mencoba minuman khas Jambi yang satu ini. Jus pinang adalah salah satu minuman andalan masyarakat Jambi. Mereka percaya bahwa minuman ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi masuk angin dan melancarkan peredaran darah.
Bahan dasar yang digunakan untuk membuat jus pinang adalah buah pinang, gula merah, pandan, jahe merah, serai dan madu. Jus ini akan sangat nimat apabila dinikmati dalam keadaan hangat.

5. Dodol Kentang Kerinci
Salah satu makanan khas Jambi lainnya adalah dodol kentang kerinci. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah kentang yang ditanam di kaki gunung kerinci. Kentang yang digunakan untuk membuat dodol ini tentunya memiliki kualitas yang baik. Warga Jambi memanfaatkan kentang dari kaki gunung kerinci ini untuk diolah menjadi makanan khas Jambi. Berbeda dengan dodol nanas yang hanya tersedia dalam satu rasa saja, dodol kentang memiliki varian rasa seperti pandan, gula merah, strawberry, durian dan nanas. Dodol kentang kerinci ini sangatlah cocok untuk dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga ketika Anda berkunjung ke Jambi.

6. Daging Masak Itam
Kuliner khas Jambi lainnya yang harus Anda cicipi ketika berkunjung ke Jambi adalah daging masak itam. Tampilan makanan ini sekilas mirip seperti semur yang berasal dari Betawi. Akan tetapi, makanan ini memiliki rasa yang berbeda, karena setiap hidangan pasti memiliki cita rasanya tersendiri.
Bahan dasar yang digunakan untuk membuat daging masak itam adalah daging sapi khas dalam yang diolah kecap, kayu manis, kelapa, jintan dan pala bubuk. Daging masak itam ini memiliki rasa yang lezat dan sangat khas. Makanan ini sangat cocok apabila disantap dengan nasi putih hangat.

Itulah ulasan mengenai makanan khas Jambi yang dapat Anda gunakan sebagai referensi makanan yang akan Anda coba ketika berkunjung ke Jambi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *