Wednesday, June 26, 2019
Home > Uncategorized > Kolang-Kaling Buah Kesukaan Orang Indonesia Telah Mendunia

Kolang-Kaling Buah Kesukaan Orang Indonesia Telah Mendunia

berita harian

Buah yang merupakan kesukaan orang Indonesia ini begitu laris manis ketika bulan Ramadhan. Biasanya kolang-kaling dijadikan campuran kolak, es campur atau lainnya. Ternyata, kolang-kaling sendiri baik dikonsumsi ketika buka puasa. Hasil penelitian menerangkan buah itu memiliki kandungan serat pangan yang bisa membantu mempertahankan serta memelihara saluran pencernaan.

Dengan bermacam manfaat yang menyehatkan, PT Mustika Ratu pun menghadirkan minuman ready-to-drink dari Kolang Kaling yang merupakan pertama di Indonesia. Saat siaran pers pada Kamis 23 Mei 2019 kemarin, sejak rilis di bulan Juni 2017 minuman kolang kaling pun telah banyak peminatnya meningkat sampai 40 persen.

Adapun perwakilan PT Mustika Ratu Tbk Julie Wahono di Kanada menyebutkan, produk mereka yang diekspor ke Kanada merupakan minuman Kokal, baik less sugar dan original, juga produk minuman yang siap saji yakni Red Ginger Turmeric dan Red Ginger. Selain telah sukses di pasar Kanada, ternyata ada banyak manfaat dari kolang-kaling, berikut informasinya:

Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan Tubuh

  1. Serat

Buah khas ini memiliki serat pangan yang larut maupun tidak larut air. Serat bisa membantu pencernaan sebab dia akan mendorong pergerakan makanan di dalam usus. Hal ini menyebabkan kolang-kaling bagus dikonsumsi untuk mencegah sembelit serta mengurangi kolesterol. Selain itu, serat pun diyakini bisa menurunkan risiko mengidap kanker kolestrol.

  • Kalsium

Pada setiap 100 gramnya memiliki 91 mg kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang serta memperkuat tulang. Bukan hanya tulang, bagian tubuh lainnya pun membuthkan kalsium supaya dapat berfungsi baik. Sebab kalsium tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, maka wajib bagi tubuh mendapatkan asupan kalsium dari minuman, makanan atau tambahan suplemen.

  • Fosfor

Buah khas Ramadhan ini ternyata mengandung fosfor yang bagus untuk tubuh. Buah itu memiliki 243 mg fosfor pada 100 gramnya. Manfaat fosfor ialah memperkuat gigi serta tulang, menghasilkan RNA serta DNA, menjaga sel-sel dan jaringan tubuh. Fosfor sangat diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi, serta menyimpannya. Fosfor bisa membantu tubuh menjaga detak jantung dan lain sebagainya.

  • Zat besi

Kolang-kaling diyakini terdat zat besi yang terkandung di dalamnya. Zat besi bisa memberikan manfaat untuk tubuh seperti halnya oksigen ke seluruh tubuh serta karbon dioksida dari darah dibawa keluar dan untuk mengobati lelah dan Anemia defisiensi zat besi. Selain itu, barangkali masih banyak manfaat yang terkandung dari kolang-kaling ini yang belum kita ketahui.

Cara Mengolah Kolang-Kaling Agar Bersih dan Tetap Enak

1. Cuci kolang-kaling hingga bersih

Biasanya kolang-kaling dijual dengan kondisi direndam air. Itu agar kolang-kaling tetap segar serta tidak basi. Namun kita tidak tahu air rendamannya layak atau tidak. Kita pun tidak tahu kapan terakhir air rendaman tersebut diganti. Maka bagusnya Anda mencuci kolang-kaling yang dibeli tadi hingga benar-benar bersih.

2. Rendam kolang-kaling dengan bekas air cucian beras

Setelah dicuci, sering kolang-kaling masih tercium berbau. Untuk mengatasinya, Anda dapat coba merendam kolang-kaling dalam air bekas cucian beras. Selain menghilangkan bau asam, merendam kolang-kaling dengan air bekas cucian beras bisa menghilangkan lendirnya. Rendam kurang lebih selama satu atau dua jam. Setelahnya bilas sampai kolang-kaling menjadi kesat di tangan.

3. Rebus kolang-kaling hingga empuk

Agar dapat dimakan serta ditambahkan ke bermacam makanan, kolang-kaling wajib dimasak dulu. Caranya, Anda perlu merebus kolang-kaling pada air mendidih. Tambahkan daun pandan serta daun jeruk untuk memberi harum pada kolang-kaling. Supaya lebih nikmat serta dapat disantap saat matang, Anda dapat memberikan gula pasir ketika proses perebusan.

Nah, itulah informasi tentang buah khas saat Ramadhan yang telah mendunia serta manfaat dan cara mengolahnya yang bisa Anda terapkan di rumah. Untuk Anda yang sedang berpuasa jangan lupa sesekali mencoba kolang-kaling ini, Anda bisa membelinya di warung atau pasar tedekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *