Monday, July 22, 2019
Home > Uncategorized > Atasi Nyeri Punggung dengan Gerakan Sederhana Ini

Atasi Nyeri Punggung dengan Gerakan Sederhana Ini

berita harian

Nyeri punggung sering kali menjadi sebuah gangguan kecil yang sering dialami para orang tua. Meski sebuah gangguan kecil, tapi hal ini cukup mengganggu aktivitas. Terutama bagi mereka yang masih produktif namun sering mengalami hal ini, mereka akan merasa ini adalah musibah besar. Pasalnya, ketika nyeri punggung itu menyerang, kegiatan tidak bisa berjalan lancar dan maksimal.

Perlu Anda ketahui bahwa nyatanya punggung bagian bawah memiliki peran yang penting dalam fungsi kinestik tubuh manusia, termasuk ketika Anda sedang berlari. Otot-otot inti, ternyata bukan hanya otot perut saja, tetapi juga otot yang menjadi pembungkus bagian tengah tubuh, menopang tulang bagian belakang dan punggung bagian bawah.

Bukan hanya itu saja, otot inti, pinggul, glute dan hamstring juga harus memililki koordinasi untuk membentuk stabilitas tubuh. Jadi, salah satu saja diantara otot tersebut bermasalah, bisa menyebabkan masalah pada otot yang lainnya pula. Misalnya saja, otot panggul bermasalah karena lelah ketika berlari, atau terlalu banyak duduk.

Maka secara otomatis punggung bagian bawah dipaksa bekerja lebih keras agar tubuh bisa tetap tegak. Hal ini membuat Anda rentan untuk mengalami cedera, ketika nyeri punggung bagian bawah memang datang ini bisa membuat otot Anda cukup sakit. Namun kabar baiknya ialah, Anda bisa mengatasinya hanya dengan memperkuat otot inti dan meregangkan otot-otot pendukungnya.

Penyebab Nyeri Punggung Bagian Bawah

Riset yang dilakukan pada tahun 2016 yang diterbitkan dalam Jama Internal Medicine, membuktikan bahwa ternyata olahraga memainkan peran kunci utama untuk mencegah nyeri punggung bagian bawah. Namun, untuk mengatasinya Anda perlu tahu terlebih dahulu penyebabnya. Meskipun pada setiap kasus berbeda, ada tiga penyebab umum terjadinya rasa sakit di punggung bagian bawah.

Pertama, nyeri otot yang datang secara tiba-tibab pada punggung bagian bawah karena indikasi kejang otot. Otot-otot akan terasa seolah terkunci, rasa sakitnya bisa semakin parah dan melemahkan. Kedua, rasa sakit di punggung bagian bawah yang berkaitan dengan nyeri yang menjalah pada salah satu atau kedua bagian kaki ini menjadi petunjuk linu panggul atau nyeri diskogenik.

Hal ini biasanya disebabkan oleh saraf yang terjepit. Rasa sakit yang hadir karena saraf terjepit ini biasanya akan lebih tajam dibandingkan dengan sensai sakit karena kejang otot. Ketiga, ketika Anda merasakan sakit yang kronis di seluruh area punggung bagian bawah, bisa saja Anda menderita artritis.

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Dengan Olahraga

Untuk mencegah sakit punggung, Anda hanya perlu percaya pada kekuatan dan fleksibilitas yang melibatkan fungsi kinetik tubuh. Tulang bagian belakang dan otot di area tersebut akan mendapatkan banyak dukungan dari inti tubuh. Selain itu, kekuatan panggul, paha depan, dan paha belakang juga akan memberikan dampak pada otot-otot.

Untuk mengatasi nyeri pada panggul, ada beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan. Olahraga ini sederhana dan bisa Anda lakukan di rumah. Pertama olahraga plank, mulailah gerakan ini dengan posisi tengkurap, kemudian turunkan lengan dengan bahu langsung di atas siku. Tempatkan kembali kaki di posisi plank. Olahraga lainnya yang bisa Anda lakukan ialah melakukan gerakan ekstensi dengan bola stabilitas, gerakan pike dengan bola stabilitas, reverse leg dengan bola stabilitas, glute bridge, pose locust, dan masih banyak gerakan sederhana lainnya. Olahraga ini cukup ringan dan tidak menuntut Anda untuk melakukannya di luar ruangan dan tidak menyita waktu Anda terlalu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *