Wednesday, December 11, 2019
Home > Uncategorized > Ini Dia Manfaat Buah Ciplukan yang Telah Langka Untuk Kesehatan

Ini Dia Manfaat Buah Ciplukan yang Telah Langka Untuk Kesehatan

info kesehatan

Orang yang telah memiliki umur cukup tua, pasti tau dengan buah yang satu ini. Buah ini memiliki bentuk yang mirip dengan buah anggur atau kelengkeng. Dulu, buah ini bisa ditemukan dengan mudah di perkebunan, pinggir sawah, kebun, ataupun pekarangan rumah. Saking banyaknya, buah ini hingga menjadi dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Namun, tahukah Anda? Bahwa kini di kota-kota besar, buah ini bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi, yakni ratusan ribu untuk setiap kilogramnya. Hal ini terbukti dengan tersebarnya sebuah foto supermarket di ibukota yang menjual buah ciplukan hingga Rp 500 ribu untuk setiap perkilonya. Sedangkan di Brunei Drussalam buah ini dijual seharga Rp 10.000 per-buah.

Buah ini memiliki bentuk yang sangat unik. Saat masih di pohonnya, buah ciplukan dibungkus oleh sebuah klopak yang menggembung. Buahnya berwarna hijau jika belum matang dan akan berwarna kuning ketika sudah matang. Seperti buah pada umumnya, jika belum matang rasanya akan asam dan jika sudah matang rasanya akan manis. Berikut ini 6 manfaat buah ciplukan.

Buah Ciplukan Berperan sebagai Antioksidan

Siapa sangka bahwa buah yang kecil nan imut ini memiliki banyak manfaat. Salah satu dari manfaat buah ciplukan ini ialah sebagai antioksidan. Antioksidan ini dipercaya dapat menyembuhkan hepatitis, rematik, malaria, dermatitis, asma, bahkan penyakit kanker. Kandungan etanol yang terdapat dalam buah ciplukan mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Buah Ciplukan Melindungi Hari dan Ginjal dari Fibrosis

Fibrosis merupakan sebuah kondisi di mana terjadi kerusakan atau terganggunya fungsi organ seperti hati dan ginjal. Ciplukan mengandung banyak nutrisi yang akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Nutrisi tersebut diantaranya nutrisi, mineral, vitamin, zat besi, protein, serta kalsium. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu melindungi fungsi hati dan ginjal dari fibrosis.

Buah Cilukan Baik Untuk Wanita Hamil

Zat besi memang sangat baik bagi para ibu hamil. Biji-bijian, buah-buahan kering, sayuran hijau, biasanya mengandung zat besi yag sangat baik dan berguna bagi wanita yang sedang hamil. Dengan mengonsumsi buah ciplukan setiap hari, kebutuhan zat besi ibu hamil dapat terpenuhi dengan  baik. Dengan demikian, kebutuhan zat besi ibu hamil akan tercukupi.

Buah Ciplukan Meningkatkan Kesehatan Mata

Mata memiliki peranan yang sangat penting dalam keidupan sehari-hari. Dengan mata, ciptahan Tuhan yang begitu indah dapat dilihat dengan sangat baik. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A bisa membantu kesehatan mata. Buah ciplukan yang kaya dengan vitamin A bisa meningkatkan penglihatan dan menyehatkan mata.

Buah Ciplukan Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Seperti yang tekah dikatakan tadi, bahwa buah ciplukan ini memiliki kandungan antioksidan. Selain berguna untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, ternyata kandungan ini juga berguna untuk menjaga kesehatan otak. Sifatnya yang antioksidan serta kandungan vitamin C yang terkandung dalam buah ciplukan bisa membantu menghilangkan penumpukan plak di jalur kognitif otak.

Buah ciplukan ini dapat membantu proses penyembuhan sang penderita penyakit Alzheimer dan demensia. Hal ini karena, buah ciplukan dapat membantu proses pemulihan kemampuan otak seperti meningkatkan daya ingat, fokus, serta konsentrasi. Maka dari itu, manfaat dari buah ciplukan ini tidak lagi bisa dipandang sebelah mata.

Buah Ciplukan Bisa Menghilangkan Rematik

Siapa sangka bahwa buah ciplukan yang sangat familiar pada era 2000-an ini memiliki setumpukan manfaat yang tidak terduga. Manfaat buah ciplukan selanjutnya ialah dapat membantu menghilangkan nyeri radang sendi atau rematik. Buah ciplukan dapat meningkatkan aliran darah ke daerah yang nyeri sehingga bisa meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi rasa sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *