Friday, August 23, 2019
Home > Uncategorized > Pemerintahan Indonesia Menyiapkan Lisensi Hukum untuk Para Gamers dan Electronic Sport

Pemerintahan Indonesia Menyiapkan Lisensi Hukum untuk Para Gamers dan Electronic Sport

Perkembangan zaman yang semakin pesat, menjadikan segala aspek dalam kehidupan sehari-hari pun menjadi berubah. Berbagai macam aktivitas dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, hanya mengandalkan gawai ataupun perangkat pintar yang terhubung dengan koneksi internet secara online. Oleh karena itu, Anda sangat beruntung karena hidup di zaman yang mengedepankan teknologi.

Di Indonesia, penerapan teknologi tidak hanya sebatas dalam kemudahan berkomunikasi ataupun menyelesaikan pekerjaan saja. Namun lebih dari itu, teknologi saat ini pun sudah merambah ke dalam cabang olahraga, dimana olahraga tersebut mempunyai nama Electronic Sport (E-Sport). Olahraga yang satu ini pun diawali oleh antusiasme para pemain game (gamers) yang semakin meningkat setiap harinya.

 

Perbedaan Gamers dan Electronic Sport

Kehadiran games di kanca hiburan internasional, menjadikan banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan permainan terbaik dan mampu menarik minat banyak orang untuk memainkannya. Mulai dari perusahaan dari benua eropa hingga asia pun mempunyai keunggulannya masing-masing, dalam menyuguhkan kualitas permainan terbaik di kelasnya. Sehingga dapat dipastikan Anda mempunyai banyak pilihan untuk bermain sebuah video game.

Satu fakta yang wajib Anda ketahui dalam dunia game adalah, istilah gamers dan E-Sport mempunyai perbedaan yang cukup mencolok, sehingga dua istilah pemain tersebut tidak dapat disamakan statusnya. Meskipun sama-sama memainkan sebuah game, namun pada kenyataannya, proses permainan yang dilakukan pun mempunyai struktur dan peraturan yang berbeda.

  1. Profesi dan Hiburan

E-Sport sendiri diperuntukkan oleh para atlet game sebagai sebuah profesi dalam memainkan permainan di ajang turnamen. Sedangkan untuk gamers sendiri melakukannya, hanya untuk sekedar mengisi waktu luang dan mencari hiburan yang ringan saja.

  1. Tim dan Individu

Jika seorang gamers dapat memainkan sebuah permainan hanya seorang diri, namun lain halnya dengan para pelaku E-Sport. Para atlet E-Sport diwajibkan mempunyai sebuah tim dalam setiap mengikuti turnamen permainan.

  1. Tingkat Konsentrasi dan Passion

Seorang atlet E-Sport harus mempunyai daya tingkat konsentrasi tinggi. Hal ini dikarenakan setiap permainan yang dilakukan akan memberikan dampak dan pengaruh terhadap kemenangan tim. Sedangkan untuk para gamers, menang atau kalah dalam permainan yang dilakukan menjadi tidak masalah.

 

Alasan Gamers dan Electronic Sport Patut di Naungan Hukum

Dulu, banyak sekali orang tua yang melarang anak-anaknya untuk terus menerus bermain sebuah game. Alasan utamanya adalah karena takut mempengaruhi nilai mata pelajaran di sekolah dan anak menjadi malas untuk belajar. Daya tarik games yang menyenangkan menjadi salah satu faktor utama mengapa banyak anak-anak di Indonesia, khususnya laki-laki.

Pemerintah mulai menanggapi serius mengenai gamers dan para atlet E-Sport, karena adanya kesalahpahaman dalam industri game. Dilihat dari banyaknya para pemain game yang sudah menyentuh angka hingga puluhan juta di Indonesia. Terdapat kebijakan-kebijakan yang diciptakan guna memaksimalkan bidang olahraga ini, sehingga para pemain dapat melakukan hobi sekaligus profesinya dibawah naungan hukum.

  1. Peminat Semakin Meningkat

Setiap harinya, para pecinta game terus menerus bertambah jumlahnya. Baik pemain pemula ataupun professional, semuanya mempunyai passion yang sama dalam memainkan games terkemuka. Permainan tersebut dapat dimainkan di berbagai macam perangkat, contohnya saja seperti menggunakan smartphone untuk permainan mobile.

  1. Potensi Cabang Olahraga Positif

Karena pemerintah semakin sadar dengan potensi dari sebuah E-Sport yang mampu mengarahkan banyak pemainnya ke arah positif. Maka tidak heran bidang olahraga modern ini mampu menghilangkan stigma negatif masyarakat Indonesia pada sebuah game.

  1. Wadah IeSPA

IeSPA merupakan singkatan dari Indonesia Electronic Sport Association ini merupakan wadah yang diciptakan, untuk menanungi para pemain potensial yang siap melajur ke turnamen bergengsi, baik nasional maupun internasional.

Semoga dengan adanya lisensi hukum nasional, menjadikan para atlet E-Sport dan gamers mampu menyalurkan potensinya. Sehingga setiap pemain bisa lebih maksimal dalam memainkan sebuah game secara professional dan positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *